Frozen #Review (Spoiler Alert!)


                                                                              Do you want to build a snowman?



                                                             

Anna dan Elsa, dua bersaudara dari suatu kerajaan. Kakak tertua, Elsa mempunyai kekuatan sihir yang hebat saat masih kecil. Kekuatan sihir es yang mampu membekukan apa saja. Semakin ia tumbuh, kekuatan yang ada pada dirinya semakin besar dan kuat. Trauma karena pernah tak sengaja melukai adiknya, Anna, Elsa menjadi takut memakai kekuatan sihirnya lagi. Raja menutup kastil dan mengurung Elsa agar kekuatan sihirnya tidak diketahui dan tak menyakiti siapapun. Sepeninggal Raja dan Ratu, Elsa sebagai kakak tertua, menjadi pewaris kerajaan. Di hari penobatannya sebagai raja, Elsa dan Anna akhirnya bisa melihat dunia luar setelah hampir 15 tahun terkurung dalam kastil.

Di saat hari penobatan, Elsa semakin takut. Takut kekuatannya tiba-tiba diluar kendali dan melukai banyak orang. Ketakutannya serta kecemasannya menjadi-jadi disaat ia tidak sengaja melepas sihirnya dalam acara pesta kerajaan. Ia memilih untuk meninggalkan kerajaan. Namun, kecemasan dan ketakutan tadi menimbulkan panik dalam dirinya dan membangkitkan kekuatan sihirnya. Musim panas berubah menjadi musim dingin yang amat membeku di negeri itu. Salju menutupi seluruh negeri. Laut serta sungai membeku dalam dingin. Anna yang merasa bersalah mempunyai kewajiban membawa kakaknya kembali. Petualangan Anna pun dimulai untuk pergi membawa kakaknya kembali ke kerajaan. Apakah Anna berhasil membawa kakaknya kembali dan mengembalikan negeri seperti sedia kala? Ataukah kakaknya, Elsa berkhianat dan menjadi penyihir keji yang siap membunuh saudaranya sendiri?

Film Frozen berisikan beberap VA yang emm, dibilang terlalu terkenal pun tidak, tidak terkenal pun juga enggak Kristen Bell, sebagai pengisi suara Anna mungkin yang paling cukup dikenal. Walau beberapa tahun terakhir ia jarang ditemui di berbagai film. Kalau pernah nonton Forgetting Sarah Marshall pasti kalian tahu. Lalu ada Idina Menzel, pengisi suara Elsa. Sama, dia pun beberapa tahun terakhir banyak absen. terakhir ia main di film Enchanted. Lalu ada Jonathan Groff (Kristoff) serta Josh Gad (Olaf). Tidak seperti film Disney lainnya yang biasanya memakai VA beberapa aktor dan aktris yang sangat terkenal. Namun kemampuan para VA pada film ini pun juga sangat baik. Terutama Kristina Bell dan Idina Menzel yang dituntut harus mampu menghidupi karakter serta mampu bernyanyi dengan baik. Keduanya memnuhi dua hal tersebut.

Dari segi cerita, Frozen memang sedikit berbeda. Tapi Frozen bisa dibilang adalah salah satu gaya film Disney. Ingat kan flm-film Disney dimana para karakternya suka bernyanyi entah sata sedih, bertempur, atau senang? They started singing whenever situation. Terakhir gue nonton film Disney seperti ini adalah Tangled. And I love it!

Jadi, para karakter di Frozen akan sering bernyanyi walaupun tidak sering. Tapi menyenangkan melihat gaya mereka serta lirik dalam lagunya. Tentu saja karena pemilihan kata yang pas serta inti dari lagunya. Seperti Want to Build a Snowman dan Let it Go. Setidaknya lagu-lagu tersebut ramah di telinga anak-anak.

Kualitas gambar, tentu. Jangan pernah remehkan Disney. Gue kira format 3D akan biasa-biasa saja. Tapi yang paling seru saat nonton di format 3D adalah efek saljunya. Oh, rasanya gue bisa menyentuh salju-salju itu. Dan tentu saja, karena film ini berlatar salju, maka ada banyak banget format 3D yang akan bikin berdecak kagum. Bukan hanya efek visualiasi biasa saja. Recommended banget kalo mau nonton pake format 3D.

Sebenernya, plot cerita dari Frozen ini simpel. Bisa ditebak bagi kita-kita yang bukan anak kecil lagi. Tapi tetep saja gue suka. Karena tidak seperti film Disney Princess yang lain, ending di film Frozen berbeda. Dimana biasanya Disney selalu menekankan tentang ciuman sejati antara pangeran dan putri, maka pada kali ini film Frozen mengenai cinta sejati tentang melindungi keluarga sendiri. Well, gue sedikit terharu pas tau ini. Dan gue memberikan applause besar bagi Disney.Walaupun gue gak seterharu nonton Toy Story 3 yang ampe banjir air mata.

Frozen pun menjadi film yg cukup baik untuk dito
nton oleh anak-anak. Gue sendiri mendukung sekali untuk mengajak sodara-sodara lo yang masih kecil, atau anak-anak sd atau yang tk sekalipun untuk nonton film ini akhir minggu bareng keluarga. Yes, salah satu cara terbaik untuk memperkenalkan cinta sejati kepada anak-anak.

Di imdb sendiri, rating film ini 8.1. Menurut gue sih untuk sekelas film Disney rating ini belum cukup tinggi. But not bad. Yah, gue rasa emang karena plot ceritanya aja sih yg terlalu simpel. Makanya ratingnya jadi segitu. Buat gue, rating film ini 8.5. Sangat layak ditonton. Apalagi untuk anak-anak. Usahakan nonton pake format 3D. Gak nyesel kok hahaha.

Ooh, satu lagi. Sounding dalam film ini cukup bagus. Gue suka banget lagu yang pas opening filmnya. Terdengar sakral sekali. Dan ya, bikin tegang sejujurnya hahaha. Seru!

What are you waiting for!? Take your lil bro/sis to watch Frozen this weekend ( ⌒o⌒)人(⌒-⌒ )v

True love is about your family. Not about stranger comes in your life and kissing in the end of story -Frozen




Share:

0 comments