AnoHana #Review (Spoiler Alert!)




Hai Hai!! Gue mau ngereview sebuah anime yang menurut gue masterpiece banget banget banget! Gue gak lebay, tapi aah anime ini bisa bikin gue merenung selama 2 jam setelah menontonnya. Bukan, bukan karena gue langsung tobat terus mandi besar abis nonton anime ini, tapi ngerenungin makna dibalik cerita anime ini. Kalo lo masih gak percaya, gue kasih review dari gue nih biar lo percaya deh hahaha, Spoiler alert loh ya, gak banyak sih, tp biar makin penasaran aja hahaha. Cekidot!!




Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai atau yang mempunyai arti We Still Don't Know the Name of the Flower We Saw That Day merupakan sebuah anime yang diangkat dari light-novel berjudul sama. Rilis tahun 2011 yang di produksi oleh A-1 Pictures. Kalo lo pernah nonton Sword Art Online, Fairy Tail, Black Butler, atau Working!! naah kebayang kan seberapa bagus animasi yang disuguhkan dalam anime AnoHana (disingkat) ini. Art yang menurut gue apik, gak terlalu lebay (mendetail banget) ataupun terlalu kasar. Pas deh menurut gue. Lebih adem ngeliatnya. 

Disisi lain, AnoHana ini mempunya story yang kuat banget. Story-nya inilah merupakan kekuatan dari anime AnoHana. Bisa disamai dengan story Fate/Stay series. Sama yang gue maksud adalah pesan cerita, pengembangan cerita, perkenalan tokoh, sampai akhinrya klimaks dari story itu.
Emang, AnoHana sendiri nyeritain tentang apasih?

Tentang 6 kawan masa kecil. Satu diantara mereka meninggal dengan tragis. Sepeninggal salah satu teman mereka membuat mereka berubah di masa remajanya. Kemudian, sampai suatu ketika jelmaan arwah penasaran teman yang meninggal itu muncul. Kira-kira apa yang bakal dilakuin kelima temannya yg masih hidup ya?

Ya kira-kira begitulah wakakakaka. Kalo mau lebih jelas liat 

di http://en.wikipedia.org/wiki/Anohana:_The_Flower_We_Saw_That_Day 

dan

di http://myanimelist.net/anime/9989/Ano_Hi_Mita_Hana_no_Namae_wo_Bokutachi_wa_Mada_Shiranai.

Nah, menurut penilaian gue, secara P'sR (Panda's Rating) anime ini layak dapet nilai 9.0. Wuiihh angka yang cukup besar dalam skala 1-10. Di MAL (MyAnimeList) Anime ini mendapatkan 8.73.
Kenapa 9.0?

Oke, pertama adalah tentang story itu sendiri. 




Buat gue, story AnoHana ini tersusun dengan baik. Pada episode 1 yang bikin penasaran untuk ngelanjutin episode 2. Gak gitu banyak anime yang bisa ngelakuin ini. Dimana bisa bikin orang penasaran untuk terus ngelanjutin episode selanjutnya. Hal kayak ini bisa ditemuin di anime Another, Angel Beats! salah satunya. Perlahan menceritakan pokok permasalahan. Menyelesaikan misteri-misteri dari masalah itu. Seiring terpecahnya misteri cerita juga semakin berkembang menuju klimaks. Menyempit jalan ceritanya. Konflik yang ada dalam story pun juga bikin menohok hati dan bikin mata panas. Terlebih endingnya yang bener-bener nonjok hati banget. I laughed hard and cried hard. Sejujurnya anime ini berbahaya buat kamu yang bosenan. Karena alur cerita bisa terbilang sedikit agak lama naiknnya. Jadi yang bosenan disarankan liat ending dan komentar orang dulu biar ada rasa teratarik. Kalo langsung nonton dijamin bosen. Story 9/10

Kedua adalah  BGM animenya. BIsa diliat dari Opening dan Endingnya yang bener-bener komplit banget. Tema dari kedua lagu, hawa nada yang dirasakan bener-bener ngelengkapin anime ini banget. Salah satu anime yg menurut gue punya opening dan ending yang bikin anime itu sendiri lengkap adalah Fate/Stay series. Apalagi di bagian episode 11 (END) ending song dimasukin. Dan itu bener-bener menjadi trigger banget buat bikin tersedu-sedu (alaahh) hahahaha. Tapi beneran! Gue pun langsung mewek pas lagunya kedengeran. Bikin merinding banget! BGM 9.0/10

Animasinya? Aaah sudahlah. Kalo A-1 Pictures itu terjamin deh. Animation 8.5/10

Untuk karakter-karakter dicerita ini digambarkan memiliki latar berbeda dan sifat yang berlainan semua.Pengembangan latar karakter juga diceritakan dengan baik. Walaupun latar yang berhubungan dengan konflik. Bukan latar tokoh itu sendiri. Yang paling jadi perhatian gue adalah karakter Menma. Iya, karena dia satu-satunya karakter yang gak ada sisi remaja. Jadi penasaran seperti apa Menma kalo udah gede? Sedangkan karakter lain mempunyai dua sisi. Saat mereka kecil, dan saat remaja. Protagonist and Supporting role 8.5/10 (btw Menma-nya lucu banget!)

Siapa bilang Anime ini gak punya humornya? Tentu saja punya! Walaupun gak banyak, tapi humor yg disuguhin porsinya pas. Jadi genre anime gk bergeser ke arah comedy. Yang paling gue suka dari humor disini adalah kebanyakan pemicunya dari tingkahnya Menma! Hahaha. Kan tad udah gue bilang, Menma disini itu lucu banget. Bener-bener digambarin kayak anak kecil diantara para remaja. Bermanja-manja, egois, curious, pecicilan (gak bisa diem). Walaupun hebatnya, Menma juga punya sisi kedewasaan yang menurut gue melebihi anak seumuran dia. Makanya, karakter Menma cukup unik. Humor 9.0/10

Nah, untuk Seiyuu-nya ini nih ada salah satu VA kesukaan gue. Toyosaki Aki! Doi ngisi suara karakter Hisakawa, Tetsudo. Jujur, gue rada kaget hahahaha. Paling salut seiyuu perempuan yang ngisi suara laki. Toyosaki Aki ini paling dikenal lewat karakter Hirasawa, Yui dari anime K-On! Percaya gak kalo dia juga jadi seiyuu untuk Kunieda, Aoi di anime Beelzebub? Hahahaha, makanya, gue ngefans banget sama doi. Gak cuman Toyosaki Aki aja, namun adajuga Tomatsu, Haruka (Anjou) pengisi suara Asuna SAO, Kayano, Ai (Menma) pengisi suara di Servant x Service, anime summer 2013 sebagai Lucy. Takahiro, Sakurai (Atsumu) yang terkenal di anime FF, Inuyasha, Guity Crown, dan lainnya. Hayami, Saori (Chiriko) pengisi suara Yukino dalam anime Yahari Ore no... dan terakhir adalah Irino, Miyu (Jinta) pengisi suara di anime Eyeshield 21 sebagai Sena. Gimana? Line seiyuu-nya mantep mantep kan? Hahahaha, gak usah ragu deh dengan kualitas mereka. VA 9.0/10 

Gak ada di dunia yang sempurna kecuali Tuhan yang Maha Esa, iye gak? Hahaha. Makanya gak gue kasih 10 karena tetep aja ada kekurangan dari anime ini. Walaupun gak banyak. Yang jadi concern gue sih pengembangan setiap episode yang makan waktu. Kurang padet gitu jadinya. Ya walaupun gak juga gapapa, tapi gue ngerasa agak sedikit bosen di episode 3-6 aja. Entah kenapa ngantuk gitu. Makanya tadi gue kasih warning, yang bosenan hati-hati. Bisa, bisa malah gak suka wkwkwkw. 

Oke, gue sudah menilai anime ini secara keseluruhan. Tergantung anda sekalian minat gak sama anime ini ehehe. Karena pada akhirnya semua tergantung selera. Sama, disaat mereka bilang Suzumiya Haruhi no Yuutsu itu epic, bagi gue yaa gak gimana-gimana. Walaupun gue suka banget karakter Suzumiya-nya itu sendiri. Bahkan pas nonton aja, seringkali gue ketiduran. Bagi mereka Working!! itu membosankan, buat gue menarik, seru. Apalagi ngeliat karakter macam Popplar dan Yamada yang super duper aneh bin kocak. Jadi semua tergantung selera at the end. Walaupun in my eye, anime ini gak perlu genre apa-apa. Karena pure menarik dari ceritanya dan konfliknya. Disitu letak menariknya. Jadi, general banget lah. Gak ada salahnya lo nyoba nonton. Asal jangan pas lagi puasa. Nangis bisa ngurangin pahala puasa loh hahahaha




So, silhakan di coba ya! 

PS: AnoHana akan segera tayang dalam format layar lebar tahun 2013 ini. Jadi pastiin nonton dulu animenya sebelum movienya ya ^^










kata mereka setelah menonton:


"I finished watching anohana recently…
I’m almost positive that I cried at some point during every episode.
One of my friends wanted me to watch it because there’s a movie of it coming out in August and she wanted someone to gush to… I’m really glad she had me watch it!!
I really liked it and I would definitely recommend it!" -yoyojihan from Tumblr #AnoHana

"ANOHANA WAS THE FIRST SERIES I EVER WATCHED IN WHICH I CRIED LIKE A LITTLE BITCH IN THE END
NOT KIDDING.
I FREAKING SOBBED." Shada from Tumblr #AnoHana


. The strong characterisation and solid story pacing allows for those big drama moments to hit hard and it rounds itself off as an enjoyable, beautiful spectacle throughout and especially at the end. If you are looking for a subtle, affecting show then this is not it but it is a well written, beautiful and often moving show and well worth a look for those looking for a little less 'animé' in their animé. -from http://www.themanime.org/viewreview.php?id=1310

I watched the show. Some moments brought me down, but it was one sequence in an up-and-down wave of feelings that moved me throughout the series -from http://www.japanator.com/review-anohana-the-flower-we-saw-that-day-27453.phtml



 

Share:

2 comments

  1. Iya gue juga nangis tersedu2.....anime ni anime terbaik dari yang baik..... past episode terakhir perpisahan gua nangis bayangin jika kehilangan sahabat kecil kita bagaimana perasaan ni.....

    ReplyDelete
  2. Gw bru selesai nonton min😅 2018
    Bukan yg anime tapi yang live actionnya😊 entah kenapa pokoknya pipih gw basah nontonnya😭 nice review min

    ReplyDelete