Fantastic Beast and Where to Find Them



"We're going to recapture my creatures before they get hurt. They're currently in alien terrain surrounded by millions of the most vicious creatures on the planet; humans" Newt Scamander





Newt Scamander (Eddie Redmayne) pergi berkelana ke New York sebelum akhirnya akan melanjutkan perjalanan menuju Arizona dengan membawa sebuah koper. Koper misterius itu memiliki bentuk seperti pada umumnya. Namun ada hal yang berbeda dengan koper yang dibawa oleh Newt. Koper itu berisikan berbagai hewam-hewan sihir berbagai spesies dari berbagai tempat.

Tidak lama setelah ia tiba, koper miliknya tertukar dengan no-maj (no magician), Jacob Kowalski (Dan Fogler), karena bentuknya yang mirip. Di tengah kebingungannya, ia ditangkap oleh Tina Goldstein (Katherine Waterston) karena tidak terdaftar sebagai penyihir resmi. Tapi Newt lebih mengkhawatirkan keselamatan hewan-hewannya. Ketakutannya yang paling besar pun terjadi. Hewan-hewan miliki Newt lepas dan berkeliaran di kota New york. 

                                                                                                       ***

Awalnya, gue gak ada ketertarikan sama sekali tentang film ini. Karena gue udah pesimis isinya bakal gitu-gitu aja. Gue udah cukup kecewa film dengan hype berlebih seperti film Batman vs Superman. Jadilah belakangan ini gue menghindari film dengan hype yang terlalu luas. Entah hype yang diciptakan oleh marketing dan media atau oleh orang yang udah nonton film itu. Gue gak pengen dikecewain lagi (melakonlis).

Untungnya, J.K Rowling menyelamatkan gue dari kekecewaan. Gue bukan potterhead, tapi cukup tertarik dengan Harry Potter-universe. Setelah tahu kalo film ini mengambil tema tentang 'mythical-fantastic beast' dan setiting cerita padatahun 20an atau lebih tepatnya 70 tahun sebelum Harry Potter masuk ke Hogwarts, gue jadi semangat.

Selain itu, gue gak banyak tahu tentang cast dari film ini. Gue gak melambungkan harapan kalau mereka bakal bermain bagus yang ternyata diluar dugaan. Mereka adalah perfect cast untuk film ini. Bisa dibilang ini adalah pertama kalinya gue ngelihat performa Eddie Redmayne di layar lebar dan menurut gue dia cocok banget meranin Newt Scamander. Entahlah, mungkin ini mirip kayak feel pas liat alm Heath Ledger meranin Joker. Gue gak tau banyak tentang dia tapi setelah nonton gue yakin. Kalau saja itu peran dimainin selain dia, feelnya gak akan sekuat itu. 

Begitu juga dengan para cast lainnya. Gue gak bisa banyak komen tentang cast atau membandingkan performa mereka di film-film lainnya. Gue cuman bisa berkomentar, mereka adalah cast yang tepat untuk film ini.

Sayangnya, walaupun cast udah pas masih ada beberapa kekurangan di sektor karakter dalam film. Seperti kurangnya latar belakang tentang para tokoh. Mungkin bagi maniak Harry Potter, mereka udah gak asing. Bagi gue yang amatir, gue merasa hampa karna kekurangan info mengenai latar belakang mereka. Seperti gue penasaran dengan Tina yang sempat memburu sekte penolak penyihir. Gue pengen tahu kejadian ini. Tapi dalam film Tina hanya menceritakan sekilas. Tidak begitu mendalam. Atau tentang perkembangan hubungan Jacob dengan Queenie yang diperankan Alison Sudol.

Atau juga seperti antagonis Grindelwald yang diceritakan sebagai black wizard tapi gue kurang paham dia udah ngelakuin hal apa aja, tujuan dia apa dalam film ini tapi tau-tau dia udah ketangkep. Dari mana Newt tau kalo Grindelwald menyamar. Dimana letak hints-nya. Seketika Newt mengucapkan mantra dan POFF!! Munculah Grindelwald.

Ada beberapa kekosangan yang menurut gue perlu diisi. Atau mungkin ini cuman gue aja yang gak merhatiin detail? Yah, apapun itu semoga di film selanjutnya plotnya lebih terisi dan lebih mengulik latar belakang tokoh masing-masing sehingga penonton bisa lebih memahami tiap karakter dan bersimpati. Sayang aja, ketika ada adegan yang harusnya bisa bikin air mata meleleh, karna kurang jelasnya perkembangan karakter dan info yang lebih luas nan mendalam jadi gak bisa bersimpati. 

Gue pikir, karna diposternya berisikan 4 tokoh, maka petualangan 4 tokoh itu akan berasa. Sayang, kurang. Masih kurang berasa atau masih kurang berasa kalau ini adalah petualangan 4 karakter itu. Atau memang sebenarnya ini hanya tentang Newt? Jika iya, mungkin itu lebih pas.

Apapun itu gue menuntut untuk adanya perkembangan tokoh yang lebih baik, latar belakang tokoh yang lebih jelas, dan kisah petualangan mereka berempat yang lebih terasa. Semoga di film selanjutnya semua kehampaan itu bisa terisi.

Yap, kabarnya, film ini akan dibuat menjadi 5 series setelah sebelumnya hanya direncakan trilogi pada pemutaran selanjutnya di tahun 2018 dan 2020. I am not even mad, that's amazing! Gue gak sabar mengeksplorasi universe yang diciptakan JK Rowling dengan harapan konflik-konflik luar biasa dan lebih megah dari film terakhir Harry Potter yang, emm. Kurang berasa menengangkan dan kurang berasa mencekam. Mungkin perang antara no-maj dengan penyihir? 

Dari segi gambar dan suara gue juga gak bisa komen banyak. Karna untuk gambar ini memang tipikal film hollywood. Jadi gue rasa semua fine-fine aja. Mungkin yang masih kurang greget adalah kehadiran para hewan-hewan milik Newt. Sensasi fantastis masih kurang dapet. Mungkin ini karena beberapa hewan belum dieksplor lebih banyak. Baru beberapa saja yang masuk ke dalam plot inti. Gue masih penasaran dengan hewan-hewan lainnya haha. Semoga di film selanjutnya akan di kasih screen time lebih banyak mengenai hewan-hewan ini.

Film ini memberikan rasa nostalgia jika kalian rindu dengan dunia-dunia sihir ala Harry Potter dan juga memberikan kesegaran. Selain banyak sisi humor yang dimasukkan, jalan cerita relatif lebih mudah dicerna daripada film-film Harry Potter sebelumnya. Gue salut dengan si ibu suri yang memiliki kreatifitas tinggi dan memberikan kesegaran baru ke penggemarnya.

Mungkin film ini belum bisa meraih poin tinggi karna masih ada banyak yang perlu diperbaiki, tapi film ini bisa menghibur kalian. Sangat menghibur. Walaupun gue pribadi mungkin gak akan nonton untuk kedua kalinya di bioskop, tapi gue tidak merasa membuang 2 jam waktu gue nonton film ini. Gue tersedot kedalam cerita tanpa gue sadari dan terbawa dengan performa beberapa cast yang apik.

Tidak ada salahnya mencoba, lagian CGI di Fantastic Beast juga cukup 'wow' di tonton layar lebar ketimbang nonton bajakannya. Sebelum film keduanya datang dan malah menyesal kemudian haha.

Akhir kata, selamat menonton!





Share:

0 comments