Whiplash #Review

There are no two words in the English language more harmful than good job.
 

Bagaimana seorang bintang lahir? Bakat? atau kerja keras?

Andrew (Miles Teller) yang terlahir di keluarga non musisi mempunyai kemampuan mumpuni untuk bisa masuk sekolah musik terbaik di negeri. Fletcher (J.K Simpson), seorang kondaktur sekaligus pengajar di sekolah tersebut melihat kemampuan Andrew dengan sekali lihat. Andrew yang merasa dirinya mulai diakui sangat bersemangat belajar dibawah naungan Fletcher yang cukup disegani du dunia professional. Namun ia tidak pernah membayangkan hidupnya akan berubah total seketika karena Fletcher.


Film ini sebenarnya sudah rilis cukup lama namun baru tayang di Indonesia baru-baru ini. Tidak perlu meragukan kualitas sebuah film yang memenangkan 61 penghargaan dan 81 kali masuk sebagai nominasi.

Whiplash pada mulanya hanyalah sebuah film pendek. Sang sutradara, Damien Chazelle, tidak mendapatkan dana untuk membuat film ini. Ia memutuskan untuk membuat film pendek Whiplash dan memasukan film tersebut ke Sundance Film Festival 2013. Film ini pun memenangkan pengahargaan di The Short Film July Award dan akhirnya mendapatkan dana yang cukup untuk versi yang lebih panjang.

Gue pada awal mulanya cukup takut film ini akan memberikan kesimpulan seperti "Pelajaran yang keras dan menekan baik untuk perkembangan potensi seseorang" atau "Pelajaran yang keras dan menekan sangatlah tidak baik dan tidak dianjurkan". Tapi ternyata tidak. Whiplash tidak memihak antara keduanya. Ia memberikan pandangan lurus dan adil terhadap keduanya.

Whiplash membawa kita kedalam suasana tegang dan selalu memberikan kejutan. Thanks to J.K Simpson yang amat baik dalam memerankan perannya. Sepanjang 100 menit lebih kita akan mengerti rasa putus asa, amarah, sedih dan juga kagum.  Seperti gebukan drum yang bermain dalam tempo lambat dan kencang Whiplash selalu memberi ruang jantung kita untuk berdegup kencang. Kita tidak pernah bisa menduga kemana scene selanjutnya akan mengarah.

Secara kesuluruhan gue memberikan 4 jempol dan tepuk tangan meriah bagi Whiplash, J.K Simpson dan Miles Teller. Gue rasa film ini memang untuk mereka dan film ini pantas untuk memenangkan banyak sekali award.

Bagi gue Whiplash bukan cuman sekedar film bertemakan musik semata. Ia lebih jauh daripada itu.

Happy Watching!










Share:

0 comments