Emak Gue

Pertama-tama, selamat hari ibu untuk semua ibu dan calon ibu! Tiada yang lebih menyenangkan menjadi ibu, bukan?
foto gue sama emak waktu beleran



Gue, di hari ibu ini. Seperti biasa pasti gak ngucapin, tapi pasti keburu emak gue yang ngucapin ke gue duluan. Ngasih kode untuk gue ngucapin gue rasa. Bukannya durhaka, tapi gue suka malu, ehem. Gengsi. Yaa awkward ajaa ngomongnya sih. Tapi gue selalu mendoakan yang terbaik untuk emak gue, bahkan di hari spesial ini gue mau menceritakan kisah singkat gue dengan emak gue sendiri muehuehue. Yaa, semoga emak gue tersayang baca cerita ini di blog gue. Sekali lagi, selamat hari ibu!

Zaman sekarang, mall di Jakarta makin menggila. Hampir tiap kalo gue ke mall, gue pasti ngeliat ada keluarga sama baby sitternya dan anak-anak mereka. Yang terparah waktu itu gue liat 5 anak jalan-jalan di mall. Beragam, ada yang masih di gendong, ada yang pake keranjang bayi, ada yang udah bisa lari-larian kesana-kemari ada juga yang udah sibuk sama gadgetnya. Dalem hati, gue bersyukur gue dulu sama emak gue di ajaknya ke pasar. Dan pasti gue selalu digandeng emak gue. Sedang embak gue, pembantu waktu itu pasti yang belanja bahan kebutuhan. Gue sama emak gue jalan-jalan ke sana kemari liat-liat pasar, beli jajanan, makan siang, atau nemenin emak gue beli kerudung atau baju. Dari sinilah gue doyan jalan, kemanapun tak jadi masalah.

Sekedar info, emak gue gak bisa masak. Sebisanya emak gue masak, cuman tempe goreng sama telor dadar. Dan bahkan telor dadar aja emak gue bisa gosong bikinnya wakakakaka. Makanya, kalo soal masakan, gue diperantauan selalu kangen masakan mbok gue sendiri. Pembantu di rumah yang udah dari gue kelas 3 SD. Menurut gue, mbok adalah emak kedua gua di rumah. Selain pinter masak, gue sama mbok suka saling membantu satu sama lain. Ya, ceesan gitu. Jadi gue akrab banget sama doi.

Yang gue kangenin sama emak gue jelas suara emak gue di pagi hari yang bangunin tidur gue. Gue, walaupun udah kuliah, selalu bermasalah bangun pagi. Nah, emak gue selalu bangunin gue sekitar pukul setengah 5 buat sholat shubuh. Hal tersebut hilang di masa perantauan gue. Dan gue rindu banget suara emak gue bangunin di pagi hari. Bagi gue, suara emak gua lebih ampuh daripada alarm secanggih apapun.

Emak gue itu tipikal panikan. Dulu waktu jaman-jamannya gue belajar nyetir mobil, emak gue selalu baca ayat kursi, al fatihah, sama dzikir pas awal-awal perjalanan.Apalagi kalo gue nyetirin ke Bandung. Kadang emak gue suka jerit-jerit lemah kalo ada motor yang deket-deket mobil. Atau mobil gue udah mau nyerempet angkot. "Dek ish itu awas angkoot!!" "Dek, itu ada motor awas!! HIIHHH" Yaa semacam itulah. Jadinya kalo gue nyeterin emak, gue harus sambil dengerin lagu. Kalo gak gue keburu tegang dan ikut panik karena emak gue jerat-jerit. Yang ada di mobil jerit-jeritan bareng-bareng. Ini lagi nyetir apa dengerin heavy metal?

Dulu (sampai sekarang sih), gue waktu sd itu bloon banget matematika. Sampe smp, sma sih gue bloon matematiknya. Padahal di rumah emak gue itu guru matematika salah satu SMP negeri di Jakarta. Babe gue sendiri insinyur. Kakak gue sekarang udah mau kelar sekolah dokternya. Jadilah gue bingung, kenapa gue bloon banget matematika. Gue anak adopsi? Entahlah, hanya tuhan yang tahu. Seberapa kebloonan gue? Jaman SMA, gue lulus ulangan atau ujian matematika selama 3 tahun sekolah itu cuman 2 kali! Yang bener-bener lulus di atas kkm. Sisanya setiap ujian, gue selalu remed. Kebloonan gue emang pantes dihujat.

Jadi, ceritanya ujian general test udah deket. Kalo sekarang SD pake UN, kalo dulu masih ada general test. Ya mirip, cuman beda mekanismenya aja. Mata pelajaran lain gue bisa semua, lancar jaya. Kembali lagi matematika. Gue yang bloon di ajarin nyokap yang guru matemtika. Jadilah emak gue gemes setengah mampus kalo gue gak bisa ngerjain soal yang menurut emak gue mudah. Tak jarang gue diomelin emak gue. Antara gemes sama kesel kalau anaknya bloon keterlaluan. Dan semenjak masuk smp gue gak pernah diajarin lagi. Gue rasa emak gue udah kapok.

Karena emak gue juga, gue bisa mengenal angkutan kota. Dulu, emak gua yg paling getol nyuruh gua naik angkot waktu masih sd. Yaa gak langsung ditinggalin naik angkot sendiri juga, gue di ajarin dari waktu jaman sd kelas 1 atau 2 gue dianterin nyokap naik angkot. Lucunya gue sih nyaman-nyaman aja. Setelah disuruh naik sendiri, gue baru ketakutan setengah mampus. Warna angkot sama semua, cuman beda nomornya doank. Dan gue gak apal nomer-nomer berapa aja yg harus gue naikin. Jadilah hari pertama gue naik angkot sukses nyasar.

Dimasa perantauan gue pun, gue cukup banyak bisa bertahan karena dukungan emak gua. Walaupun gak tiap hari doi nelfonin tapi emak gue sering ngasih support dan doa di rumah sana. Gue selalu kangen rumah karena gue tahu emak gue selalu menunggu gue pulang ke sana. Ya, walaupun gue gak begitu doyan ditelfonin terus sama emak gue, tapi gue selalu seneng kalau tahu emak gue nelfon. Sejujurnya itu memberikan sedikit kebahagian buat gue. Mengutip dari buku Manusi Setengah Salmon, sesungguhnya terlalu perhatiannya orang tua kita adalah gangguan terbaik yang pernah kita terima. And yes, it's really makes me happy mom.

Happy Mother's day!




Share:

0 comments