Yuk, Putuskan Pacar Masing-Masing (Bagian 2)





Nah, kira-kira seberapa penting sih pacaran itu? Yuk disimak hasil survey kecil-kecilan berikut.

 

 


Dari 26 orang yang mengikuti survey, ternyata angka 5 banyak menjadi pilihan (jumlah jawaban lebih banyak karena ada yang menjawab rate dengan situasinya). Hampir kesemua orang yang menjawab 5 mengatakan pacaran itu penting gak penting.  Disatu sisi penting karna ada yang bilang untuk penyemangat, motivasi, untuk berbagi rasa dan cerita, atau untuk biar makin dekat sebelum ke tahapan lebih lanjut. Namun, di satu sisi, mereka juga menjawab gak penting kalo cuman untuk masalah status, kesepian, main-main atau cuman untuk hal yang negatif aja. Karena memang pacaran itu bukan kebutuhan primer ataupun mendesak.

Ada juga nih yang menjawab dengan rate dibawah 5, alias emang gak penting! Ada yang bilang gak penting kalo masih sekolah, buat apa pacaran, gak ada juntrungannya. Beberapa menjawab gak sama sekali, gak ada manfaatnya buat hidup.

Kalo yang diatas 5, mereka menjawab pacaran itu penting, namun bukan prioritas tapi dibutuhkan. Nahloh? Mengutip salah satu koresponden ,” Karna pacaran bisa digunakan untuk bersosialisasi, dapat memberikan pengalaman, dan juga bisa membantu kita dalam memahami lawan jenis lebih baik, walaupun kita juga harus noorma-noorma terutama norma agamar. Jangan sampai melewati batas”

Kalo saya sendiri sih, pacaran itu gak penting. Tapi yang penting nilai hubungan itu sendiri. Seperti yang dibilang, pacaran itu cuman status, cuman alasan kita aja. Kita boleh suka sama seseorang. Kita boleh sayang sama seseorang. Tidak dilarang. Tapi jangan sampai perasaan sayang itu, atau rasa suka itu malah menodai hubungan dan kualitas perasaan itu dengan hal-hal negatif.  Kalau kata teman saya soalnya bukan “status” pacarannya yg penting. Tapi hubungan antara keduanya. Kalo gak ada ikatan pacaran tapi kamu punya seseorang buat tempat berbagi juga sama aja.”

Jaman sekarang orang pacaran udah kayak pengantin baru. Jalan berduaan pegangan tangan di tempat umum, rangkul sana rangkul sini. Pegang sana pegang sini, atau yang lebih parah sampai nginep di tempat pasangannya! Aduh duh. Jangan menutup mata, karena ini memang nyata.


Yang penting itu kualitas dan nilai dalam hubungan itu. Jangan lantas karna tak ada status pacarannya bisa seenak hati godain wanita lain atau pria lain -_- ya yang ini yang namanya emang gak niat.

Kalo emang lebih niat langsung aja nikah. Gak perlu pacaran segala. Kalau memang belum sanggup maka jangan berani dinodai nilai itu. Cukup saling tahu perasaan satu sama lain, niati, kemudian di jaga satu sama lain sampai waktu yang tepat. Baru deh kan nikah. Nah kalo emang gak siap nikah? Jika tidak siap menikah, masih peragu, penakut, maka mencintai dalam diam adalah situasi terhormat. Jadi rahasia di pojok hati paling dalam, tidak ada orang yang tahu. Tidak merusak diri, tidak melanggar kaidah agama.  Maka silahkan tunggu keajaiban perasaan tersebut berproses dengan baik.-Tere Liye

Eh eeh, bukan nyuruh yang pacaran jadi putusloh (tapi memang sebaiknya jangan pacaran). Bukan. Justru yang udah pacaran harus jadi lebih menghargai nilai dari kasih sayang itu sendiri. Boleh kok tetap berhubungan tapi jangan berlandaskan pemikiran orang pacaran. Yang menghalalkan kontak fisik, modus-modus terselubung.
"Tidak ada definisi pacaran islami. Mau pakai assalammualaikum, berduaan ke masjid pengajian, nonton konser maher zein, mojok baca buku2 agama, atau bareng2 mengucap doa perjalanan saat boncengan naik motor.

Kalau ada yg punya istilah pacaran islami, maka besok lusa acara gosip di televisi bisa mengaku 'gosip islami', hostnya pakai kerudung, mengucap salam, dan host acaranya fasih dgn kalimat zikir di dalamnya saat menggelar gosip2. Subhanallah, allahuakbar, alhamdulillah dsbgnya.

Jangan dicampur2 ya. Urusan ini bukan karedok atau gado2."
–Tere Liye

Kalau kita mau bersabar, maka kita akan mendapatkan hasil dari buah kesabaran itu nanti. Jika kita menahan hasrat dan nafsu kita, maka kita akan mendapatkan hasilnya nanti. Karena hasil dari kesabaran itu tak ada yang bisa membendung kekuatannya. Semakin ia bersabar maka semakin banyak pula keberuntungannya. Janganlah kita mentang-mentang suka maka kita umbar-umbar perasaan itu di social media lah, di dalam perbincangan, nanti perasaan itu malah jadi basi sendiri. Bisa jadi malah apa yang diumbar itu cuman ekspektasi kita, bukan kenyataan yang ada. Kalau memang rindu dan suka, silahkan diekspresikan melalui tulisan atau pun doa. Semakin banyak berdoa bukannya semakin baik? Makin sering maka akan makin sering terdengar doanya.

Memang pada dasarnya hakikat mencintai itu bukan memiliki. Jadi jangan karna kamu suka atau sayang langsung saja kamu akuisi begitu saja kalo dia adalah milik dirimu sendiri. Ya pacaran itu secara tidak langsung begitu. Banyak contoh kasus seperti yang punya pacaran over protektif. Gak dikabarin sebentar di telfon. Ditanyain, kenapa gak dibales. Padahal sms-nya lagi diketik  -_- Kalo sms isinya panjang terus dibalesnya tidak dengan jumlah yang mirip atau sama alias pendek, pasti dikiranya lagi bete atau males. Padahal mah gak sengaja kepencet send atau memang kalimat efektifnya ya begitu adanya -_-. Ada juga yang niat bela-belain nganter-jemput pacar atau yang lebih parah masih calon pacar ke sana kemari. Lah lah ini, tukang ojek sama pacar apa bedanya. Lebih-lebih kalo cemburuan. Lah ini kan hubungan secara hukum negara aja gak ada, kok udah main ngaku-ngaku dia milik situ -_-

Biasanya sih pacaran itu yang paling enak yang awalnya doank seneng hepi bahagia, tapi kalo udah putus nangis-naangis juga. Eh belom genap 40 hari udah senyam-senyum seneng ada cowok/cewek yang perhatian, lucu, nyenenging terus ya kasmaran lagi, jatuh cinta lagi, pacaran lagi, ya putus lagi. Ya gitu-gitu aja terus. Perasaan hati di naik turunin, plus ditambatin kemana-mana. Macem kalau orang kentut dimana-mana, baunya akan tersebar dimana-mana juga. Ya orang yang pacarnya banyak (apalagi mantan), pasti jelek buruknya makin kesebar juga. Jadi macem nyebar kentut. Dulu pernah kentut di situ, dulu kentut di sini. Kasian sih, jatohnya pernah dikentutin, alias ya udah gak wangi lagi. Semakin sering dikentutin ya semakin bau pastinya.

Pacaran banyak kok yang sampai nikah mas, jangan sok deh.

Iya, emang banyak kok. Tapi dia sebelum pacaran sama itu udah pacaran sama siapa lagi? Udah berapa kali sebelumnya? Bisa jadi memang awalnya coba-coba eh kebetulan hoki, jadi nikah. Kalau pacarannya gagal, yaudah gagal aja. Seperti yang saya bilang, ada yang mengandalkan alasan “Kan nyoba dulu, cocok apa enggak, kalo iya nanti baru deh lanjut lagi”. Tuhkan, urusan hati aja dicoba-coba.

Loh, bentar, memangnya situ mau langsung nikah sama orang yang gak dikenal dulu?

Kalau berkata seperti itu, sama aja kayak beli kucing dalam karung. Jangan donk. Tapi kan untuk mengenal lebih jauh tidak harus berpacaran kan? Bisa berhubungan sebagai teman, memang dirasa pantas dan siap, ya tancep lah langsung lamar. Kalau cuman ngerasa pas buat pacaran, ya itu sama aja kayak main-main dengan urusan hati. Eh ditengah dirasa tidak cocok atau bosan, mencoba beralih ke yang lain.

Ya tapi saya emang cinta mati sama dia, kalo gak di hak milik dulu, diserobot orang.

Ya makanya langsung aja nikah atuh masnya -_- 

Kalau sudah terlanjur pacaran gimana?

Putuskan saja, tapi jangan putuskan hubungannya, jangan putuskan nilai-nilai yang sudah dibangun. Bangun lebih kaidah-kaidah dan akhlaknya. Saling menjaga hati satu sama lain. Bersabar menunggu waktunya. Kalau sudah siap, mari silahkan lanjutkan secara halal. Karena memang pacaran itu tak ada hukumnya. Kan susah mau main tangan masih haram, mau mesra-mesraan masih haram.

 Yah terus, kalau gak pacaran gimana tau dia jodoh saya?

Nih dijawab oleh kata-kata dari bang Tere Liye

“Seseorang yang mencintaimu karena fisik, maka suatu hari ia juga akan pergi karena alasan fisik tersebut. Seseorang yang menyukaimu karena materi, maka suatu hari ia juga akan pergi karena materi. Tetapi seseorang yang mencintaimu karena hati, maka ia tidak akan pernah pergi! Karena hati tidak pernah mengajarkan tentang ukuran relatif lebih baik atau lebih buruk.”
tere liye
“Akan selalu ada laki-laki yang baik-baik untuk wanita yang terus berusaha memperbaiki dirinya.
Juga, akan selalu ada, wanita yang
baik-baik untuk laki-laki yang selalu berusaha memperbaiki dirinya.
Jangan ragu mengambil prinsip
hidup.”—Tere Liye

Tapi saya pacarannya serius. Gak ada niatan negatif sama sekali. Suweeerr

Coba, baca lagi di atas baik-baik. Tak ada istilah pacaran islami. Ataupun pacaran yang memang berujung niat ingin menikah. Kalau memang niat ya gak usah pake pacaran. Pacaran cuman berujung main hati, coba-coba lantas kecewa.

“Orang-orang yang jatuh cinta terkadang terbelenggu oleh ilusi yang diciptakan oleh hatinya sendiri. Ia tak kuasa lagi membedakan mana yang benar-benar nyata, mana yang hasil kreasi hatinya yang sedang memendam rindu.” –Tere Liye

Nah, gimana? Jadi udah jelas kan? Kalo belum jelas silahkan bertanya. Mungkin kepada yang lebih kapasitasnya. Saya cukup sampai tahap ini menjelaskannya. Apalagi nikah-nikah. Duhdek, saya aja belom, jadi belom ada pengalamannya. Saya taunya pacaran itu gak ada hukumnya, tapi banyak yang mencoba melegalkan pacaran layaknya pasangan nikah. Nah daripada dosanya numpuk, yaudah nikah aja sekalian. Sesimpel itu aja. Buat yang pacaran, silahkan dipikirkan baik-baik. Terlebih wanita. Gakmau kan dikentutin? Dikentutin sama satu orang bukan lantas kalo besok kita pacaran lagi bakal bisa gak kena kentut lagi. Udah pacaran 5 tahun lebih pun gak bakal jadi jaminan esok ke pelaminan.  Apalagi ngerubah status pegangan tangan yang haram jadi halal.

Tinggal pilih, mau makin sering dikentutin, atau mau yang pasti-pasti aja? The choice is yours J










 

Share:

0 comments